RSS
Container Icon

SISTIM PENDIDIKAN RASULULLAH

Nama : Amran Jaya

PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH

MEKKAH dan MADINAHAmran di Awan

RANGKUMAN / RINGKASAN MATERI

Hasil pendidikan Islam periode Rasulullah terlihat beberapa ahli dalam berbagai bidang antara lain ;

1. Umar bin Khatab ahli Hukum dan pemerintahan

2. Abu Hurairah ahli hadist

3. Salma al Farisi ahli perbandingan agama : Majusi,Yahudi,Nasrani dan Islam

4. Ali ibn Abi Thalib ahli hukum dan Tafsir Al-qura’an dll.

Pendidikan Islam Periode Rasulullah,fase Makkah dan Madinah para aktivis pendidikan dapat menyerap berbagai teori dan prinsip dasar yang berkaitan dengan pola-pola pendidikan dan intraksi sosial yang lazim dilaksanakan dalam setiap manajemam pendidikan Islam.

Pola pendidikan Rasulullah tidak terlepas dari metode,evaluasi,materi,kurikulum,pendidikan,peserta didik,lembaga,dasar,tujuan dan sebagainya yang bertalian dengan pelaksanaan pendidikan Islam,baik secara teoritis maupun praktis.

Pendidikan Islam pada masa rasulullah dibagi kedalam beberapa tahap,yaitu :

I. Tahap Pendidikan Islam pada fase Makkah

Pola pendidikan dengan metode Dakwah yang dibagi kedalam tiga tahap ;

1. Tahap Pendidikan Islam Secara Rahasia dan Perorangan.

Pada awal turunnya wahyu pertama ( the fist revelation ) al-Qur’an surah 96 ayat 5,pola pendidikan dilakukan secara sembunyi-sembunyi.dikarenakan kondisi sosial politik belum stabil.pendidikan dilakukan mulai dari dirinya sendiri dan keluarga terdekat.yang pertama Rasulullah mendidik Istrinya kemudian diikuti anak angkatnya Ali Ibn Abi Thalib dan Zaid ibn Harist (pembantu rumah tangga ) kemudian secara berangsur-angsur ajakan tersebut disampaikan secara meluas. Kepada kalangan sahabat seperti :

- Abu Bakar Siddiq

- Usman ibn Affan

- Thalha bin Ubaidillah

- Abu ubaidillah ibn Jahrah

- Arkam ibn Arkam

- Fatimah binti Khattab

- Said ibn Said

Mereka yang tahap awal mendapat pendidikan Islam disebut “Assabiguna al awwalun “(orang-orang yang pertama masuk Islam ).sebagai pusat Pendidikan Islam yang pertama pada Era awal ini adalah Rumah “Arqam ibn Arqam”

Pendidikan sistem sembunyi-smbunyi berlangsung selama tiga tahun.

2. Tahap Pendidikan Islam secara terang-terangan

Pendidikan secara terang-terangan dilakukan setelah turun wahyu berikutnya pendidikan dilakukan denngan cara mengundang keluarga terdekat untuk berkumpul dibukit “shafa”.adapun materi yang disampaikan tentang kiamat dan azab allah dikemudian hari bagi orang-orang yang tidak mengakui Allah sebagai Tuhan yang maha esa dan Muhammad sebagai utusannya.

3. Tahap Pendidikan Islam Untuk Umum

Dari pendidikan terang-terangan kemudian Rasulullah mengubah strategi pendidikannya menjadi pola yang terfocus dalam seruan skala “Internasional”yang didasari perintah Allah Surah Al-Hijr Ayat 94-95.

Strateginya pendidikan dengan mengunjungi kemah-kemah para jemaah haji.pada awalnya yang menerimah adalah jemaah Haji dari Yastrib,kabilah Khazraj.dari sinilah sinar Islam memancar ke luar Makkah.

Faktor-faktor masyarakat Yatsrib menerima ajaran Islam adalah :

1. Adanya kabar dari kaum yahudi akan lahirnya seorang Rasul;

2. Suku Aus dan khazraj mendapat tekanan dan ancaman dari kelompok yahudi;

3. Konflik antara khazraj dan Aus yang berkelanjutan dalam rentang waktu yang sudah lama.

Seluruh penduduk Yastrib masuk Islam kecuali Yahudi,pada musib haji berikutnya 73 orang jemaah haji dari Yastrib menetapkan keimanan kepada Allah dan Rasulnya,ditempat yang sama dengan pelaksanaan “ Baiah al Aqabah I” tahun lalu yang dikenal dengan “ Baiah al Aqabah II”

A. MATERI PENDIDIKAN ISLAM

Pada Fase Makkah dibagi dua bagian,yaitu :

1. Pendidikan tauhid (difocuskan kepada tauhid Nabi Ibrahim)

Secara teoritis inti ajaran terdapat dalam kandungan surah Al-Fatihah dan surah Al-Ikhlas.

2. Pengajaran Al-Qur’an,yang dirinci kepada ;

- Baca tulis Al-qur’an ( Imla’dan Iqra’)

- Hafalan ayat-ayat al-qur’an

- Pemahaman al-Qur’an (fahmi al-Qur’an dan tafsir al-Qur’an )

Tujuannya materi tersebut adalah untuk meluruskan pola fikir umat Islam yang dipengaruhi pola fikir Jahiliyah.

B. METODE PENDIDIKAN ISLAM RASULULLAH

Metode pendidikan yang digunakan Rasulullah :

1. Metode ceramah

2. Metode diologis

3. Metode Diskusi

4. Metode perumpamaan

5. Metode cerita

6. Metodi pembiasaan dan praktek

7. Metode hafalan

C. KURIKULUM PENDIDIKAN RASULULLAH

Kurikulum pada masa rasulullah di Makkah maupun di Madinah “Qur’ani”

D. LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM RASULULLAH

1. Rumah Arqam ibn Arqam ( hukum-hukum dasar islam )

2. Kuttab ( difocuskan baca tulis,syair arab,dan berhitung )

II. FASE MADINAH

A. LEMBAGA PENDIDIKAN

1. Msjid

B. MATERI PENDIDIKAN

1. Ukhuwah ( Persaudaraan )

2. Kesejahtraan Sosial

3. Kesejahtraan keluarga kaum kerabat

4. Pendidikan Hankam (pertahanan dan keamanan )

Kurikulum yang digunakan di Makkah dan Madinah sama yaitu Al-Qur’an.hanya dimadinah lebih komplit.seiring berangsur-angsur al-Qur’an diturunkan.

PERTANYAAN

Isilah dengan jelaskan denngan singkat,pertanyaan dibawah ini !

1. Salman al-farasi adalah seorang ……………………………………………………………………………………………………..

2. Jelaskan yang dimaksud dengan tahap pendidikan Islam skala Internasional pada masa rasulullah ! ……………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………..

3. Pada awalnya turun Al-Qur’an ( the fist revelation ) pendidikan islam dilakukan dengan cara ……………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………….

4. Sebutkan metode pendidikan Islam yang digunakan Rasulullah ! ……………………..

……………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………………….

5. Sebutkan kurikulum yang digunakan Rasulullah,dalam memberikan pendidikan Islam pada fase Makkah dan Madinah ! …………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………………

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar